Penerapan
Manajemen Sistem informasi PT.Toyota Astra Motor
Latar Belakang
PT.
Toyota Astra Motor (TAM) adalah salah satu perusahaan terbesar distributor
kendaraan produk Toyota. PT.TAM sendiri mempunyai divisi-divisi yang menangani
penjualan produk ke pelanggan. Salah satunya adalah divisi Duty Free Sales,
yaitu divisi yang menangani penjualan produk Toyota yang dikhususkan untuk
organisasi non-pemerintah/internasional maupun kedutaan asing di Indonesia.
Saat ini, divisi Duty Free Sales masih menggunakan aplikasi spreadsheet dalam pengolahan data. Dimana
data yang ada pada spreadsheet tidak bisa diakses secara bersamaan karena
jumlah karyawan yang banyak dan kebutuhan akses data yang berbeda
-beda.Berdasarkan permasalahan tersebut, divisi Duty Free Sales membutuhkan
sebuah sistem informasi y ang dapat mengolah data mobil maupun data pelanggan
serta pelaporan secara efektif. Dengan adanya aplikasi ini, pihak perusahaan akan dimudahkan dalam mengelola sistem
informasi manajemen pelanggan yang mencakup pengolahan data pelanggan dan data
barang serta memudahkan manajer dalam
hal pelaporan.
I.
Pendahuluan
PT.
Toyota Astra Motor (TAM) adalah salah satu perusahaan terbesar distributor
kendaraan produk Toyota. Saat ini, PT. TAM mempunyai cabang yang tersebar di
seluruh wilayah Indonesia, dan pusatnya berada di Jakarta. PT.TAM sendiri
mempunyai divisidivisi yang menangani penjualan produk ke pelanggan. Salah
satunya yaitu divisi Duty Free Sales, yaitu divisi yang menangani penjualan
produk Toyota yang dikhususkan untuk organisasi nonpemerintah/internasional
maupun kedutaan asing di Indonesia. Divisi Duty Free Sales saat ini mengolah
data pelanggan dengan menggunakan aplikasispreadsheet, dimana aplikasi ini
kurang efektif dalam perhitungan dan pencarian data yang kemungkinan akan
bertambah dan akan selalu di-update. Selain itu, data yang ada pada spreadsheet
tidak bisa diakses dan digunakan secara bersamaan, mengingat jumlah
karyawan yang banyak dan keperluan akses data yang berbeda-beda.
Serta
laporan yang tidak dapat disediakan setiap saat, karena pencarian data dan
pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, PT. TAM divisi
Duty Free Sales membutuhkan sistem informasi yang membantu perusahaan melakukan
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan proses pengolahan informasi, pencarian,
dan pelaporan menjadi lebih baik sehingga operasionalnya menjadi lebih efektif
dan efisien.
II.
Tinjauan Pustaka
Definisi
Sistem Informasi
Sistem
adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul
bersama -sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran
tertentu. (Jogiyanto, 2008)Sistem juga merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait
dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada sistem
tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output)
yang diinginkan. HTML (Hypertext Markup Language)HTML(Hyper Text Markup
Language) adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam
sebuah file yang dimaksudkan untuk
menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web
dengan lengkap kepada pengguna. ( Astamal, 2005 )Bahasa Pemrograman: PHPPHP
adalah bahasa scripting yang menyatu
dengan HTML dan
dijalankan pada server side, yang artinya semua sintaks yang diberikan akan
sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya
hasilnya saja. PHP merupakan software open source. PHP juga dapat berjalan
lintas platform, yaitu dapat digunakan
dengan sistem operasi (windows dan linux) dan
web server apapun (misalnya:PWS,IIS, Apache). (Suryatiningsih, 2009)
Database:
MySQL
MySQL
adalah Relational Database Management
System (RDMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah General Public Lisence (GPL). MySQL merupakan
turunan dari salah satu konsep utama dalam
database, yaitu Structured Query Language(SQL). SQL adalah
sebuah konsep pengoperasian database
terutama untuk pemilihan dan pemasukan data, yang memungkinkan
pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. (Arbie, 2004)
Framework:
CodeIgniter
Framework bisa diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan. Karena untuk
pembuatan website maka framework disini dapat diartikan sebagai alat
yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan website. ( Wardana, 2010
)Framework memungkinkan kita membangun aplikasi dengan lebih cepat karena
sebagai developer kita akan lebih memfokuskan pada pokok permasalahan sedangkan
hal-hal penunjang lainnya seperti koneksi database, form validation, GUI, dan security; umumnya
telah disediakan oleh framework.
Disamping itu dengan aturan-aturan yang jelas dan harus dipatuhi, aplikasi yang
dibangun lebih solid, more readable, dan kolabarasi dalam tim dapat lebih mudah
dilaksanakan.CodeIgniter adalah
framework dengan pola MVC (Model,
View, Controller) untuk membangun websitedinamis menggunakan PHP. (CodeIgniter,
2011)
III.
Analisis dan Perancangan
Analisis
Kebutuhan Fungsional Sistem Pada kebutuhan fungsional ini, terdapat beberapa
fungsi yang harus dibuat, diantaranya:
1.
Melakukan Login dan Logout untuk admin.
2.
Melakukan Pendataan mobil yaitu meliputi
fungisi
: add, update, delete, searching, dan
detail.
3.
Melakukan Pendataan embassy yaitu
meliputi
fungisi
: add, update, delete, searching, dan
detail.
4.
Melakukan Pendataan pelanggan yaitu
meliputi
fungisi
: add, update, delete, searching, dan
detail.
5.
Menampilkan report penjualan dan grafik.
6.
Melakukan view dan update data admin.
a.
Gambaran Umum Sistem
Pengolahan
data pelanggan PT.TAM masih menggunakan
pencatatan secara spreadsheet. Data yang begitu banyak meembutuhkan waktu untuk
penyususan laporan dan juga pencetakan
dokumen.Oleh karena itu, dibangun sistem yang memudahkan perusahaan untuk
pengolah data dan juga pelaporan.
b.
Perancangan Sistem
1. ER
Dicagram
2.
Use Case Diagram
Dalam
aplikasi ini terdapat tiga aktor, yaitu Admin Gudang, Admin Toyota dan Manajer.
c.
Activity Diagram
IV. Implementasi
Implementasi login
Implementasi halaman utama admin toyota
V.
Kesimpulan
Pada
Proyek Akhir ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.
Aplikasi ini membantu pihak PT.Toyota Astra Motor dalam mengelola dan mencari data pelanggan
maupun data mobil
2.
Aplikasi ini membantu manajer untuk mengubah status pelanggan, sehingga proses
informasi untuk Open D/O lebih cepat
3.
Aplikasi ini memudahkan pihak manajer untuk mendapatkan informasi dan melihat laporan penjualan
VI.
Saran
Untuk
pengembangan aplikasi lebih lanjut bisa ditambahkan fungsi pengolahan data
pelanggan sampai tahap pengurusan STNK mobil dan dokumen lainnya serta
adanya penambahan berita atau informasi
seputar perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar