Senin, 07 Mei 2012

SEO


SEO ( Search Engine Optimization )


SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Backlink & Blog walking
Ini yang penting. Saya gak perlu menjelaskan ini lebih rinci karena pasti anda sudah tahu tentang ini. Intinya bagaimana web anda bisa dilink oleh web lain yang topiknya sejenis kalau bisa, tapi kalau enggak juga gak apa-apa. Dari pengalaman yang saya liat selama ini link yang tidak setopik memang kurang greget, tapi cukuplah untuk nambah-nambah poin untuk ningkatin pagerank. Demikian juga dengan blog walking, yakni dengan memberikan komentar yang tentunya baik dan relefan dengan topik di sejumlah blog dengan harapan mendapatkan tautan balik ke web kita.
 
TIPS DAN TRIK SEO
1. Peraturan standar bagi para newbie adalah mendaftarkan blog yang baru di buat di HAMPIR SEMUA BLOG DIRECTORY jangan pantang menyerah dan merasa puas dengan hanya mendaftarkan di beberapa blog directory. Raih blog directory sebanyak sobat bisa!
2. BLOGWALKING, nah ini juga “peraturan wajib” bagi gw dan sebagai salah satu sumber traffic blog kita yang baru dibuat karena orang-orang musti tau blog kita dulu sebelum bisa diindeks langsung oleh mbah google.
3. Daftarkan di search engine terkemuka dan banyak digunakan oleh kebanyakan user. untuk para sobat yang gak mau repot bisa mencoba submit DISINI dan DISINI
4. Mendaftar di free backlink yang menyediakan kita link gratis yang cukup banyak sobat bisa coba salah satunya DISINI
5. Optimasi Meta Tag blog para sobat baik dari segi teknis maupun tampilan, untuk masalah teknis sobat bisa cek dengan tools SUBMIT EXPRESS dan SCRUB THE WEB, dengan tools ini sobat bisa mengoptimalkan meta tag sobat jadi lebih SEO friendly
6. SKSD (alias sok kenal sok deket >.<) sobat jangan malu dan sungkan untuk memberi komentar di blog lain meskipun kita baru pertama kali berkunjung ke blog itu, dengan gitu di harapkan si pemilik blog akan membalas kunjungan sobat dan mungkin langsung menawarkan tukaran link (link exchange)
7. Berusaha minta tolong kepada blogger lain yang lebih menguasain masalah tampilan blog karena meskipun info kita menarik klo tampilannya kurang menarik pengunjung blog sobat juga gak betah berlama-lama. motto gw “VISITOR IS KING” jadi perlakukan pengunjung blog kita sebagai raja dengan memberikan yang terbaik dalam blog para sobat ^_^.
8. Perbanyak update postingan para sobat sehingga mbah goggle akan lebih banyak mengindek blog sobat dan pada akhirnya akan meningkatkan traffic ke blog sobat *_*.
9. Daftarkan blog sobat di google sitemap, gunanya sebagai petunjuk google bot akan isi blog sobat sehingga google bot akan lebih fokus dan lebih sering mengindeks blog sobat, untuk mendaftar di sitemap google sobat bisa daftar DISINI
10. Berdoa berharap blog sobat cepat mendapat PageRank yang tinggi oleh mbah google… AMIEEN!



Sumber : http://www.ad4msan.com/2009/06/tips-and-trik-seo-google-pagerank.html
                    http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar