Rabu, 14 Maret 2012

Peran Penting Manajemen Dalam Kehidupan


MANAJEMEN MENURUT KITA

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno management, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang paten dan diterima secara mendunia. Oleh karena manajemen belum memiliki definisi yang paling tepat, para ahli beramai-ramai untuk mengungkapkan pendapatnya. Berikut ini adalah definisi manajemen menurut oara ahli :
1.      Prof.Oie Liang Lee
“beliau mengemukakan bahea manajemen adalah seni mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”

2.      The Liang Gie
“beliau mengemukakan bahwa manajemen adalah unsure yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.”

3.      George R. Terry
“beliau mengemukakan pendapatnya bahwa manajemen seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.”

4.      Dr.Sp.Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi”
“beliau menjelaskan bahwa manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan menurut oranglain.

5.      Richard L.Draft
“beliau menjelaskan bahwa manajemen adalah pencapaian sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.”

6.      Dan masih pendapat para ahli-para ahli lainnya.


Dari definisi-desinisi yang dikemukakan para ahli diatas, saya berkesimpulan bahwa manajemen adalah suatu upaya untuk mencapai tujuan yang telah diperhitungkan dengan bantuan sejumlah sumber sehingga efektif dan efisien. Pengertian Efektif berati bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara Efisien berati bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

            Fungsi manajemen menurut saya pribadi adalah sebagai pengatur kegiatan sehari-hari, seperti membuat perencanaan kegiatan atau aktifitas yang akan dilakukan dalam keseharian kita. Apabila tidak tersusun atau terencana dengan baik, hasil yang diperoleh pun mungkin bisa jadi kurang maksimal.
                Dalam hidup ini kita pasti mengalami manajemen, secara tidak sadar kita mengalami tingkatan-tingkatan dalam hidup. Contohnya adalah manusia tiba-tiba langsung diangkat menjadi direktur suatu perusahaan tanpa adanya tahapan-tahapan yang harus dilalui. Kalaupun ada pasti akan terjadi kesalahan-kesalahan dalam melakukan suatu tindakan. Dan akan merugikan diri sendiri maupun merugikan orang lain. Akhirnya menimbulkan kerugian perusahaan tersebut dan perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan.
                Itulah sebabnya manusia perlu mempelajari Ilmu manajemen. Hal ini perlu dilakukan sebagai suatu antisipasi sebelum berkarir, terlebih lagi menjadi seorang manajer ataupun seorang direktur. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar