Implementasi Grafik Komputer & Olah Citra
Sejarah Perkembangan
Komputer Grafik
·
Awal tahun 60-an dimulainya model animasi
dengan menampilkan simulasi efek fisik.
·
1961: Edward Zajac menyajikan suatu model
simulasi satelit dengan menggunakan
teknologi Grafik Komputer.
teknologi Grafik Komputer.
·
1963 : ditermukan Sutherland (MIT),
Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), Alat untuk menampilkan Calligraphic
(vector), Mouse oleh Douglas Englebert
·
1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
·
1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali
diterbitkan
·
1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva
B´eezier.
·
1971: ditemukan Gouraud Shading,
·
1972: ditayangkannya filmWestworld,
sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
·
1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer
(Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
·
1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan
bump mapping.
·
1977: Film terkenal Star Wars menggunakan
grafik komputer
·
1979: Turner Whitted mengembangkan
algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
·
Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an:
Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
·
1982: Pengembangan teknologi grafik
komputer untuk menampilkan partikel.
·
1984: Grafik Komputer digunakan untuk
menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
·
1986: Pertama kalinya Film hasil produksi
grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr.
(Pixar).
·
1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan
Academy Award.
·
1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar
dan Disney) sebagai film3D animasi panjang
pertama
pertama
·
Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi
visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic
rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
·
Tahun 2000 ditemukannya teknologi
perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
Implementasi dari grafik komputer &
pengolahan Citra dibidang Game
Implementasi dari grafik komputer
& pengolahan Citra dan game technology sangatlah berat. Karena dalam
membuat game kita perlu memperhatikan tentang teknik pencitraan tersebut. Dan
pada dasarnya game tersebut merupakan suatu aplikasi dalam penggunaan komputer
grafis.
Dalam pembuatan game diperlukan seorang
Programer. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak
untuk membuat sebuah game yang diinginkan sebelumnya. Kemudian penerapan grafik
dan pencitraan tersebut dapat dilihat dari seorang cinematic. Orang-orang pada
bidang tersebut akaan membuat game yang dibuat lebih menarik dalam segiatur,
tampilan, meupun konsep-konsep lainnya.
Karena orang-orang cinematic inilah yang mendesain tampilan pada game tersebut.
Karena orang-orang cinematic inilah yang mendesain tampilan pada game tersebut.
Aplikasi Grafik Komputer dan Pengolahan
Citra Dalam Bidang Kedokteran Citra medis (medicial image) memiliki kandungan
informasi yang sangt penting. Hal tersebut menjadikan citra kedokteran umumnya
memiliki ujkuran yang besar. Citra medis yang berukuran besar menimbulkan
masalah pada penyimpanan dan pengiriman citra kedokteran yaitu kebutuhan media
penyimpanan data yang besar serta waktu pengiriman yang lama. Hal tersebut
mengakibatkan munculnya kebutuhan akan kompresi citra kedokteran tanpa
mengurangi informasi yang tersimpan dalam citra tersebut.
Mikroskop elektron adalah salah satu
contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Yang dimaksud dengan
miokroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail
sangat kecil dengan kekuatan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan
elektron sebagai sumbwer peneranganya. Kegunaan dari mikroskop elektron yaitu
digunakan dalam patologi anotomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk
mengidentifikasi organel dalam sel.
Visualisasi Data adalah teknik-teknik
membuat image, diagram, atau animasi untuk
mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah
menjadi cara yang efektif dalam
mengkomunikasikan baik data atau ide
abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Contoh: visualisasi dari struktur protein,
strutur suatu website, visualisasi hasil data mining. Implementasi grafik komputer di bidang
visual bisa digunakan untuk pemotretan
lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui
komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa
digunakan sebagai alat bantu pendidikan.
Model-model seperti proses-proses fisika dan
kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi,
dan sebagainya dapat membantu sesorang
memahami bagaimana operasi atau proses
yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: simulasi
rangkaian elektronik untuk pembelajaran,
salah satu aplikasinya Electroni workbench.
Komputer grafis juga digunakan secara luas
pada bidang entertainment khususnya
pertelevisian, motion pictures, animasi,
video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yagn
berdar di pasaran seperti Shrek, Monster
Inc., anime-anime Jepang, menggunakan
komputer grafis.
PENGOLAHAN CITRA
Mikroskop
elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang
kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop
yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga
menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya.
Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari
mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi
anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun
kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak
tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia
immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Contoh
aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan lahan dan
pendeteksian perubahan lahan
* penilaian pertanian dan
monitoring
* manajemen pantai dan sumber daya
laut
* explorasi mineral
* explorasi minyak dan gas
* manajemen sumber daya hutan
* perencanaan kota dan
pendeteksian perubahan lahan kota
* pemasangan dan perencanaan
telekomunikasi
* oseanografi fisik
* pemetaan topografis dan geologis
* pemetaan dan pendeteksian es
laut
2. Pengolahan
citra
Secara umum
operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis berikut :
1. Perbaikan Kualitas citra (image enhancement)
Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Dengan operasi ini ciri-ciri khusus yang terdapat pada citra lebih ditonjolkan.
Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain:
a. Perbaikan kontras gelap / terang (contrast enhncement).
b. Perbaikan tepian objek (edge enhancement)
c. Penajaman (sharpening)
d. Pemberian warna semu (pseudocoloring)
e. Penyaringan derau (noise filtering)
2. Pemugaran Citra (image restoration)
Operasi ini bertujuan untuk menghilangkan / meminimumkan cacat pada citra Tujuan pemugaran citra hampir sama dengan perbaikan.
Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain:
a. Penghilangan kesamaran (debluring).
Penghilangan derau (noise)
1. Perbaikan Kualitas citra (image enhancement)
Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Dengan operasi ini ciri-ciri khusus yang terdapat pada citra lebih ditonjolkan.
Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain:
a. Perbaikan kontras gelap / terang (contrast enhncement).
b. Perbaikan tepian objek (edge enhancement)
c. Penajaman (sharpening)
d. Pemberian warna semu (pseudocoloring)
e. Penyaringan derau (noise filtering)
2. Pemugaran Citra (image restoration)
Operasi ini bertujuan untuk menghilangkan / meminimumkan cacat pada citra Tujuan pemugaran citra hampir sama dengan perbaikan.
Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain:
a. Penghilangan kesamaran (debluring).
Penghilangan derau (noise)
3. Pemampatan
Citra(image compression)
Operasi ini bertujuan untuk memampatkan citra sehingga memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra lebih kecil, tetapi hasil citra yang telah dimampatkan tetap memiliki kualitas gambar yang bagus.
Contohnya adalah metode JPEG.
4. Segmentasi citra (image segmentation)
Operasi ini bertujuan untuk memecah suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Jenis operasi ini erat kaitannya dengan pengenalan pola.
Operasi ini bertujuan untuk memampatkan citra sehingga memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra lebih kecil, tetapi hasil citra yang telah dimampatkan tetap memiliki kualitas gambar yang bagus.
Contohnya adalah metode JPEG.
4. Segmentasi citra (image segmentation)
Operasi ini bertujuan untuk memecah suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Jenis operasi ini erat kaitannya dengan pengenalan pola.
5. Analisis
citra (image analysis)
Operasi ini bertujuan untuk menghitung besaran kuantitatif citra untuk menghasilkan deskripsinya. Teknik analisis citra mengekstraksi ciri-ciri tertetntu yang membantu dalam identifikasi objek. Proses segmentasi kadangkala diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya.
Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain:
a. Pendeteksian tepian (edge detection).
b. Ekstraksi batas (boundary)
c. Representasi daerah (region)
6. Rekonstruksi citra (image reconstruction)
Operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. operasi rekonstruksi citra banyak digunakan dalam bidang medis.
Contohnya adalah foto rontgen dengan sinar X digunkan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh.
Pengolahan citra mempunyai aplikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan kita antar lain :
1. Bidang Militer
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
b. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
c. Teropong malam hari (night vision)
2. Bidang Medis / Kedokteran
a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
b. Rekonstuksi foto janin (USG).
c. Mendeteksi kanker (kanker otak)
3. Bidang Biologi
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis
4. Bidang Pendidikan
Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner.
5. Bidang Geografi dan Geologi
a. Pemetaan batas wilayah melalui foto udara / Landsat.
b. Mengenali jenis dan bentuk lapisan batuan bawah permukaan bumi melalui rekonstruksi hasil seismik.
6. Bidang Kepolisian / Hukum
a. Pengelan pola sidik jari (finger print).
b. Rekonstruksi wajah pelaku kejahatan.
c. Pengenalan pola hasil uji balistik.
7. Bidang Perdagangan
a. Pembacaan barcode pada barang di swalayan.
Mengenali huruf / angka pada suatu formulir secara otomatis.
8. Bidang Hiburan
Pemampatan video (MPEG).
9. Komunikasi data
Pemampatan citra yang ditransmisi (Internet).
Operasi ini bertujuan untuk menghitung besaran kuantitatif citra untuk menghasilkan deskripsinya. Teknik analisis citra mengekstraksi ciri-ciri tertetntu yang membantu dalam identifikasi objek. Proses segmentasi kadangkala diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya.
Yang termasuk dalam klasifikasi ini antara lain:
a. Pendeteksian tepian (edge detection).
b. Ekstraksi batas (boundary)
c. Representasi daerah (region)
6. Rekonstruksi citra (image reconstruction)
Operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. operasi rekonstruksi citra banyak digunakan dalam bidang medis.
Contohnya adalah foto rontgen dengan sinar X digunkan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh.
Pengolahan citra mempunyai aplikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang kehidupan kita antar lain :
1. Bidang Militer
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.
b. Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
c. Teropong malam hari (night vision)
2. Bidang Medis / Kedokteran
a. Mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan.
b. Rekonstuksi foto janin (USG).
c. Mendeteksi kanker (kanker otak)
3. Bidang Biologi
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis
4. Bidang Pendidikan
Pengolahan pendaftaran mahasiswa menggunakan scanner.
5. Bidang Geografi dan Geologi
a. Pemetaan batas wilayah melalui foto udara / Landsat.
b. Mengenali jenis dan bentuk lapisan batuan bawah permukaan bumi melalui rekonstruksi hasil seismik.
6. Bidang Kepolisian / Hukum
a. Pengelan pola sidik jari (finger print).
b. Rekonstruksi wajah pelaku kejahatan.
c. Pengenalan pola hasil uji balistik.
7. Bidang Perdagangan
a. Pembacaan barcode pada barang di swalayan.
Mengenali huruf / angka pada suatu formulir secara otomatis.
8. Bidang Hiburan
Pemampatan video (MPEG).
9. Komunikasi data
Pemampatan citra yang ditransmisi (Internet).
Contoh Grafik Komputer dibidang game Tekhnologi
Contoh Grafik Komputer dibidang Visual
Contoh Grafik Komputer dibidang Kedokteran
http://fachrulrodzi182.blogspot.com/2011/10/aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan.html
http://arpy-angara.blogspot.com/2011/10/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar